Sunday 6 January 2019

Fungsi-fungsi Seni

Fungsi Seni di kelompokan menjadi dua macam yaitu:

FUNGSI INDUVIDU





Fungsi individu adalah suatu fungsi bermanfaat bagi kebutuhan pribadi itu sendiri, fungsi induvidu sendiri di bagi menjadi dua macam fungsi, berikut penjelasannya.

a. Fungsi Pemenuhan Kebutuhan Fisik
Pada hakekatnya manusia ialah makhluk homofaber yang mempunyai kecakapan untuk apresiasi pada nilai keindahan dan pemakaian suatu benda, seni terapan memang mengacu kepada pemuasan kebutuhan fisik sehingga menjadi sesuatu hal yang sangat penting.

Baca juga: pengertian seni menurut para ahli
                  : pengertian seni beserta keterangannya

b. Fungsi Pemenuhan Kebutuhan Emosional
Seorang memiliki sifat yang bebeda dengan manusia lain, bisa dinilai dari kehidupan seseorang itu sendiri, dilihat dari segi pengalaman hidup nya, apakah seseorang itu pernah mengalami sesuatu problem masalah hidup seperti, galau, marah, sedih, sakit, lelah, cinta, senang dan lain-lain, manusia dapat merasakan hal semacam itu, dan memang sangat wajar/normal.

Maka dari itu hal yang penting untuk kebutuhan emisional manusia memerlukan dukungan dari seseorang agar dapat bersifat gembira tidak stres lagi, salah satu contoh agar dapat menyenangkan hatinya ialah dengan cara melakukan aktivitas seperti jalan-jalan di tempat rekreasi melihat festival musik dan masih banyak lagi.

Seseorang yang mempunyai estetikanya lebih banyak maka memiliki kepuasan yang lebih banyak pula. Sedangkan seniman ialah seorang yang mampu mengapresiasikan pengalaman dan perasaannya dalam sebuah karya seni, baik itu seni kriya, seni patung atau seni rupa murni, yang diciptakannya, hal ini juga diyakini olehnya sebagai sarana memuaskan kebutuhan emosional dirinya, dan menjadikan nilai yang kreatif, sedangkan dalam segi sosial sebagai berikut.


FUNGSI SOSIAL




Fungsi sosial juga sangat penting untuk dukungan fungsi seni karena manusia adalah makhluk sosial yang artinya adalah memang ada sejak lahir dan berikut penjelasnya.

 a. Fungsi Agama
Fungsi sosial memiliki fungsi keagamaan dan religi, contoh nya ialah kaligrafi, busana islami dan musik islami, sedangkan seni bisa digunakan untuk festival atau upacara pernikahan, dan lain-lain.

 b. Fungsi Pendidikan
Sedangkan dalam fungsi pendidikan dapat dilihat dari dalam musik, seperti ansambel karena dilakukan berkelompok, tidak sendiri atau sesuatu yang berkelompok lain nya ialah seperti gamelan dan angklung, yang mempunyai musik pendidikan, dan terdapat nilai sosial.

c. Fungsi Komunikasi
Fungsi komunikasi sebagai media komunikasi contohnya seperti kritik sosial, kebijakan, gagasan, guna memperkenalkan kepada masyarakat, contohnya  wayang orang, wayang kulit, seni teater, seni lukis, dan masih banyak lagi.

d. Fungsi Rekreasi
Fungsi rekreasi terbilang memiliki kesan yang penting, karena untuk menghilangkan kejenuhan, kegalauan, stres, dan lain-lain, menghilangkan kepenatan yang ada dalam pikiran yaitu dengan berjalan-jalan karena bisa.


e. Fungsi Artistik
Seni yang berfungsi sebagai media ekspresi seniman dengan menyajikan karyanya tidak untuk hal yang komersil, seperti musik kontemporer, tari kontemporer, dan seni rupa kontemporer. (Seni pertunjukan yang tidak bisa dinikmati pendengar/pengunjung, hanya bisa dinikmati oleh para seniman dan komunitasnya).

f. Fungsi Guna
Karya seni yang dibuat tanpa memperhitungkan kegunaannya, kecuali sebagai media ekspresi (karya seni murni) atau pun dalam proses penciptaan mempertimbangkan aspek kegunaannya, seperti perlengkapan/peralatan rumah tangga yang berasal dari gerabah ataupun rotan.

Baca juga: pengertian seni beserta keterangannya

g. Fungsi Kesehatan
Seni sebagai fungsi kesehatan, seperti pengobatan penderita gangguan physic atuapun medis distimulasi melalui terapi musik (disesuaikan dengan latar belakang pasien). Terbukti musik telah mampu untuk menyembuhkan penyandang autisme, gangguan psikologis trauma suatu kejadian. Pada tahun siegel menyatakan bahwa musik klasik menghasilkan gelombang alfa yang dapat menenangkan dengan merangsang sistem limbic jaringan neuron otak dan gamelan menurut Gregorian dapat mempertajam pikiran.



2 comments:

  1. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 7 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) | pin bb : 58cd292c "

    ReplyDelete

Featured post

Fungsi-fungsi Seni

Fungsi Seni di kelompokan menjadi dua macam yaitu: FUNGSI INDUVIDU Fungsi individu adalah suatu fungsi bermanfaat bagi kebutuhan ...