Monday 21 March 2016

10 Lukisan Terkenal Vincent Van Gogh

Bismillahirrohmanirrohim… Pada postingan pertama saya, saya akan coba membahas tentang karya-karya lukisan Vencet Van Gogh yang  terkenal di dunia. 


mengingat saya hanya pemula dalam membuat Blog maka saya meminta maaf sebesar-besarnya kepada para pembaca jika ada kalimat yang tak sesuai dan  kesalahan dalam postingan ini dan mohon berikan saran dan kritikanya.. no bully ya☺️



    okee langsung saja ke ulasan, saya sangat menyukai seni terutama seni lukis, karna karya lukis atau gambar adalah karya yang indah yang di tuangkan ke dalam suatu media berbentuk dua dimensi yang indah. 


Banyak pelukis mestro di dunia yang terkenal dan menjadi pondasi perkembangan di dunia khususnya seni lukis, seperti yang akan kita bahas yaitu 10  Lukisan Terkenal Karya Vencent Van Gogh. 


saya sangat menyukai karya-karya dari lukisan mestro dunia Vencent Van Gogh, namun sebelum itu saya akan coba berbagi pengetahuan terkait tentang biografi singkat dan karya Vincent Van Gogh yang saya ringkas dari beberapa sumber.

 

Vencen van gogh

 

- Vencent Van Gogh adalah maestro pelukis modern yang sangat berpengaruh di dunia. Berkat karya lukisannya banyak menginspirasi generasi-generasi baru khususnya di bidang seni lukis, salah satu karya lukisnya yang sangat terkenal yaitu Starry Night,  lukisan  yang memadukan warna-warna redup dan garis-garis putus mengambarkan malam penuh bintang yg  membentuk suatu lukisan yang sangat cantik nanindah.


Vincent Van Gogh yang bernama lengkap Vincent Willem Van Gogh lahir pada tanggal 30 Maret 1853 di Zundert, Belanda, dan wafat pada tanggal 29 juli 1890. ia adalah pelukis pasca-impresionis Belanda Ayahnya adalah seorang pendeta  dari kristen protestanyang hidup di Grood zundert. 


Van Gogh di anggap pelukis terbesar dalam sejarah seni Eropa, pada masa mudanya beliau adalah type orang yang penyendiri  dan juga keterbelakangan mental, ia menderita epieipsi yamg cukup parah dan akibat penyakit yang di deritanya ia juga pernah memotong telinganya sendiri. namun di balik keterbelakanganya beliau adalah seorang pelukis yang sangat berbakat dan jenius. 


Vincent Van Gogh mengalami goncangan hidup dan depresi berat hingga  di usia 37 tahun ia memutuskan untuk mengakhiri hidupnya dengan menembakkan sebuah pistol ke arah kepalanya yang membuat akhir yang sangat teragis, namun sejarah dan karya-karyanya yang menakjubkan menjadikan ia seorang seniman legendaris besar di dunia.


Van Gogh baru menjadi seniman pada tahun 1880, awalnya karya-karyanya mnggunakan warna-warna yang suram baru ketika di paris ia berjumpa dengan impresionisme dan neo-impresionisme  yang membuat perubahan warnanya lebih cerah dan karya lukisanya yang di kembangkan menjadi  sebuah lukisannya yang unik dan mudah di kenali.


Awalnya Van Gogh mengikuti tipikal pelukis di zamanya dengan gaya imperisionisme, namun ketidak puasan terhadap pengekangan ekspresi seni oleh pakem impresionisme membuat ia beralih pada gaya ekspresionisme.

 


Nah berikut merupakan 10 lukisan terkenal di dunia karya lukisan Vincent Van Gogh  beserta keteranganya: 



 

1. The Potatoe Eaters 

 


Lukisan ini di lukis oleh Vincent Van Gogh  pada bulan  April  1885 di Nuenen, Belanda dan sekarang tersimpan di Van Gogh Museum di Amsterdam. sketsanya  ia buat pada bulan Maret dan awal bulan April 1885 dan saat itu ia meminta pendapat adiknya, Thio.


 Namun Thio tidak tertarik sama sekali dengan karya-karyanya maupun sketsa yang dikirim Vincent padanaya.Vincent mengerjakan lukisan ini dari tanggal 13 April sampai permulaan Mei, sampai semuanya selesai namun ada perubahan kecil pada tahun yang sama.


Vincent Van Gogh mengatakan ingin melukis para petani dengan semirip munkin namun ia sengaja memilih model yang kasar dan bertampang buruk, supaya terlihat alami dan asli “Saya ingin menyampaikan ide bahwa orang-orang yang sedang memakan kentang dengan di terangi lampu minyak, 


menggunakan tangan yang sama untuk makan dan mengerjakan lahan, bahwa mereka telah membanting tulang dengan tangan mereka bahwa mereka  mendapatkan makanan mereka dengan cara yang paling jujur”.”Saya pikir lukisan tentang para petani yang sedang memakan kentang yang saya lukis di Nuenen adalah  karya terbaik saya".



2. Bedroom in Arles 

 


Lukisan ini terdiri 3 buah lukisan yang mirip satu sama lain karya  pelukis abad 19 post-impresionis Belanda Vincent Van Gogh. Ada tiga versi asli lukisan ini yang di jelaskan dalam suratnya dan dapat di bedakan dari foto-foto yang di gantung di dinding sebelah kanan. Lukisan ini mengambarkan kamar tidur Van Gogh di 2, Place Lamartine di Arles, Bouches-du-Rhone, Prancis, yang di kenal juga dengan nama Yellow House.


 Pintu di sebelah kanan adalah jalan menuju lantai atas dan tangga, sedangkan pintu di sebelah kiri adalah ruang kamar tamu yang ia sediakan untuk Gauguin. Pemandangan dari jendela di dinding  depan adalah jalan place Lamartine dan taman umumnya. Kamar ini tidak berbentuk pesegi, melainkan trapezoid, dengan sudut tumpul di sebelah kiri jendela dan sudut siku-siku di sebelah kananya.


 

3. Cafe Terrace at Night 

 


Lukisan yang berjudul Cafe Terrace at Night di buat Van Gogh pada bulan Februari 1888. 100 tahun yang lalu, ketika artis kemiskinan berkeliaran di jalan, mendatangi kota kecil-Arles terletak di perancis selatan,ia jatuh hati dengan pemandangan dan suasana di kota itu, mencolok dan sinar matahari ladang gandum mendorongnya inspirasi krasing.



dan kemudian kota ini menjadi tempat paling favorit. ia benar-benar tidak menyangka bahwa ini kedai kopi yang biasa bisa sangat terkenal berkat dirinya sendiri .Hari ini, seperti yang kita sekali lagi duduk di kafe ini, tangan membawa secangkir kopi panas tampaknya  memiliki firasat bahwa pintu pengunjung berikutnya push adalah Van Gogh.




4. Red Vineyard at Arles 

 


 -Red Vneyard at Arles di buat pada tahun 1888 oleh Van Gogh merupakan lukisan di Arles, perancis. bernuansa perkebunan dengan warna-warna cerah seperti kuning, merah, biru, dan lainya  mengambarkan suasana perkebunan anggur merah  yang sedang di panen oleh para petani. Lukisan ini merupakan stu-satunya lukisan yang pernah terjual dari 1.900 lukisan oleh Vincent Van Gogh selama masa hidupnya.



5. The Night Cafe 

 


Awal tahun September 1888, Van Gogh membuat lukisan yang berjudul The Night Cafe ketika ia pindah kamar di Cafe De La Gare, ia tinggal di sana selama musim panas. Dan ia melukis sebuah ruang kafe dengan meja biliar serta kursi dan meja yang di tempati oleh beberapa orang , sosok yang berpakaian putih bersandar di meja  menandakan pemilik kafe.



Van Gogh menciptakan sudut disorientasi dan hasil mayoritas lantai dengan warna kuning tua. Dinding merah kaya, kontras dengan lantai kuning dan lampu kuning menggantung di langit-langit. 



 6. Sunset at Montmajour 


Pada tahun 1970 lukisan ini di temukan tebengkalai di lotengrumah seorang warga di Norwegia, lukisan ini terlantar karna pada awalnya lukisan ini di anggap bukan hasil karya Van Gogh namun setelah di teliti lukisan ini terbukti sebagai karya Vincent Van Gogh pada september 2013. 


Terungkap pula lukisan ini pernah di sebut dalam salah satu surat Van Gogh kepada Theo. Dalam surat itu ia mengaku melukisnya satu hari sebelumnya, tepatnya pada tanggal 4 Juli 1888.



7.    Starry Night

 


Siapa yang tak tahu dengan lukisan paling terkenal ini.?

-Starry Night adalah salah satu lukisan di budaya modern serta menjadi salah satu replikasi dan di cari cetakan.dari lagu Don McLean ‘vincent’(starry,starry night)( berdasarkan lukisan), untuk jumlah tak terbatas produk barang olahraga gambar ini, hampir tidak mungkin untuk terhindar dari luksan yang menakjubkan ini, ‘yang juga merupakan lukisan favorit saya’.  


 Lukisan tahun 1889 yang mengambarkan pusaran angin yang secara matematis sangat mirip dengan pola angin yang sebenarnya. Lukisan ini mengekspresikan ke gairahan tinggi sekaligus peasaan yang kesepian. 


Lukisan ini cenderung menggunakan warn-warna gelap sesuai dengan keadaan sepi. Konon, lukisan ini yang di buat oleh Vincent Van Gogh di rumah sakit jiwa dengan intens yang berliku mengambarkan kondisi emosional sang pelukis yang tidak setabil.



8. Les Iris 

 


Lukisan ini di ciptakan disaat Van Gogh berada di RS. Jiwa Saint  Paul-de-Mausole di saint-Remy-de-provence, perancis pada saat-saat menjelang kematianya tahun1890.


Lukisan ini mungkin di pengaruhi oleh lukisan kayu Jepang, seperti kebnyakan karyanya yang lain, ia menyebut likisan tersebut”konduktor petir untuk penyakitku” karena ia merasa dapat mencegah dari kegilaan dengan teteap meneruskan melukis.


Tahun 1987, lukisan tersebut menjadi lukisan termahal yang pernah dijual,walaupun rekor tersebut kemudian di lewati. Lukisan tersebut di jual seharga  AU$$ 54.000.000 Kepada Alan Bond. Dan sekarang berada di Museum Getty  di Los Angeles.



9. SunFlowers

 


-SunFlowers adalah salah satu lukisan terkenal di dunia dan lukisan ini dibuat oleh Van Gogh sebanyak 7 buah.Lukisan yang di buat tahun 1888 berwarna cerah menandakan saat itu cuacanya sedang bagus, begitupun dengan suasana hati Vincent Van Gogh di tuangkan kedalam lukisan dengan bunga matahari warna kuning terang menyala.  


Saat ini lukisan asli dari SunFowers hanya ada lima berada di Galeri Nasional London, Museum Amsterdam,Tokyo, Muenchen, dan Philadelpia Amerika Serikat. Kalau di film Detektif Conan dua yang hilang di ceritakan di temukan di Jepang hehe.



10. The Portrait of Doctor Gachet 

 


Di buat pada tahun 1890, lukisan ini di cat dalam beberapa bulan terakhir hidup Vincent Van Gogh dan subjek ini telah menjadi fokus dari banyak kontroversi dengan banyak alasan. Bagai mana Vincent kompeten  adalah Dr.Gachet? Apa vincent berarti ketikaia menulis kepada Thio “pertama-tama, dia sakit dari saya,saya pikir,atau akan kita katakan seperti banyak”.


Pada tanggal 15 Mei 1990 lukisan Potret Dr. Gachet terjual dalam waktu tiga menit untuk $82.500.000(US)= (sekitar Rp.908 milyar)ke Ryoei Saito, produsen kertas terbesar ke dua di Jepang.Catatan in tetap tak terkalahkan, tapi catatan kaki  ironis penjualan ini berita terbaru yang Chistie telah membeli pekerjaan kembali dari Saito untuk seperdelapan harga yang dibayar untuk itu. Ini menandai perubahan dramatis dalam vitalitas komunitas seni-beli Jepang dari puncaknya pada tahun 1980-an.


Saito sangat gandrung terhadap lukisan Potret Dr. Gachet begitu gandrungya Saito pada lukisan ini ia ingin di kremasi dengan lukisan ini pada saat ia mati. Saito meninggal pada tahun 1996, namun lukisanya tetap aman tidak ikut di kremasi . Van Gogh melukis Potret Dr. Gachet dalam dua persi, dan versi satunya berada di Museum Paris dan sangat berbeda warnanya dengan lukisan yang di miliki Saito.



Sekiranya cukup sampai di sini, semoga dapat memberikan menfaat bagi anda. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan kata dan kalimat serta kekurangan yang lainya… tolong di shere ya….!

12 comments:

  1. memang lukisan Van Gogh sangat menarik, namun hidupnya tragis. Untuk mengenalnya lebih dalam, bacalah wawancara dengan Vincent (imajiner) di stenote-berkata.blogspot.com Mudah-mudahan suka...

    ReplyDelete
  2. Trimakasih banyak atas komentar nya😊😊

    ReplyDelete
  3. lukisan terkenal nya iris ya ?

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. Blog yang bagus.... semoga terus berkembang........Saya ingin berbagi wawancara dengan Vincent van Gogh (imajiner) artikel di http://stenote-berkata.blogspot.hk/2017/11/wawancara-dengan-vincent.html

    ReplyDelete
  6. Ya terimakadih mas semoga bisa bermenfaat

    ReplyDelete
  7. Adakah yg berminat serius membeli ĺukisan Van gogh? Silahkan hubungi saya 085741625999.

    ReplyDelete
  8. Saya mempunyai seorang teman di jawa tengah....dia menemukan lukisan dari seorang nelayan 10 tahun yg lalu.dan memberikan lukisan bergambar wanita....apakah ini lukisan karya Vincent Van Gogh....?

    ReplyDelete
  9. Terimakasih untuk sharingnya.. Saya mencari info ttg Sang Maestro usai menonton film" at eternity gate" rip Van Gogh

    ReplyDelete
  10. Blog yang bagus, dengan ini kita dapat mempelajari bagaimana lukisan lukisan vincent van gogh yang mendunia :)

    ReplyDelete
  11. Maaf, ini yg ditampilkan foto lukisan asli atau tidak ya? Kr banyak yg menģgandakan ... jd musti hati"

    ReplyDelete

Featured post

Fungsi-fungsi Seni

Fungsi Seni di kelompokan menjadi dua macam yaitu: FUNGSI INDUVIDU Fungsi individu adalah suatu fungsi bermanfaat bagi kebutuhan ...