Friday 14 December 2018

Apa Itu Tanaman Bonsai?



Foto: instagram/@bonsaihunter

Hay sahabat para seni, kali ini saya akan membahas tentang tanaman kerdil atau yang di sebut dengan Bonsai, taukah sobat kira-kira apa itu tanaman Bonsai? Biar lebih paham yuk simak ulasan berikut ini.

-BONSAI merupakan seni tanaman yang di lakukan dengan mengerdilkan tanaman atau pohon di dalam pot yang tujuannya membuat miniatur pohon menyerupai bentuk pohon besar dan tua yang ada di  alam bebas. Bonsai berasal dari bahasa jepang Bon artinya Pot dan Sai  artinya Tanaman,  yang disimpulkan menjadi Tanaman di Dalam Pot.


Tanaman cebol ini dalam pembentukanya tentu tidak serta merta anda menanamnya dalam pot dan di siram seperti tanaman biasa lainya karna tanaman bonsai memiliki nilai Artistik di mana terletak pada proporsi atau keseimbangan batang, daun, ranting, dan juga pada potnya. maka dari itu dalam prosesnya juga menggunakan beberapa tehnik seperti pemangkasan daun, pengawatan dahan atau batang, dan pemangkasan akar agar bisa semirip mungkin dengan pohon tua dan besar yang ada di alam bebas.


foto: instagram.com



Bonsai tentu merupakan tanaman hidup yang memerluka perawatan rutin seperti penyiraman, pemupukan, dan pengendalian dari serangan hama. Bahan untuk di jadikan bonsai atau  istilah umumnya disebut Bakalan Bonsai dapat dengan menggunakan pembibitan, perbanyakan, stek, biji, cangkok, enten, dan okulasi dari berbagai macam pohon atau tanaman yang umumnya memiliki kriteria berkayu keras, berbuah, dan berbunga. seperti pohon penus, jambu kerikil, anting putri, dan masih banyak yang lainya.


Pembuatan bonsai sendiri  harus memerlukan proses dan waktu yang panjang di sertai dengan ketekunan, kesabaran, kreativitas dan kecintaan  terhadapa tanaman agar memperoleh hasil yang di harapkan. Perlu di ingat bonsai adalah tanaman mahluk hidup jadi tidak ada kata selesai dan akan slalu tumbuh dan berkembang dengan umur yang panjang, ada yang bertahun-tahun, puluhan tahun, bahakan ratusan tahun tergantung jenis tanaman itu sendiri.

Itulah sedikit informasi yang dapat saya bagikan kepada para sahabat, mudah-mudahan bisa memberi sedikit wawasan dan bisa lebih berkreativitas, sekian dan terimakasih!

No comments:

Post a Comment

Featured post

Fungsi-fungsi Seni

Fungsi Seni di kelompokan menjadi dua macam yaitu: FUNGSI INDUVIDU Fungsi individu adalah suatu fungsi bermanfaat bagi kebutuhan ...